shadow
BACK TO TOP

Rabu, 08/03/2023 14:41 WIB

Suara Lantang Penyanyi Perempuan untuk Perempuan Indonesia Lewat Musik

Diah Retno Andani - detikHot
Suara Lantang Penyanyi Perempuan untuk Perempuan Indonesia Lewat Musik Perempuan selalu memiliki keunikannya tersendiri. Lewat perayaan International Women's Day (Hari Perempuan Internasional) diharapkan dapat menciptakan kesadaran bahwa kesetaraan bagi perempuan merupakan sesuatu yang perlu diperjuangkan.
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukung hal tersebut, salah satunya adalah lewat karya. Beberapa penyanyi perempuan Indonesia ini merilis lagu-lagu yang mengangkat tema tentang perempuan, kesetaraan, dan juga kekuatan perempuan.
Dari Rossa hingga Yura Yunita, berikut lagu-lagu mereka yang bisa diputar untuk merayakan dan mengapresiasi pencapaian para perempuan:

1. Hey Ladies oleh Rossa


[Gambas:Youtube]

Rossa menyuarakan dukungan dan semangat untuk para perempuan lewat lagu Hey Ladies. Dirilis 2009, lagu yang ditulis oleh Melly Goeslaw ini berisi nasehat agar perempuan bisa menjadi pribadi yang kuat. Apalagi jika hal tersebut berurusan dengan patah hati karena seorang laki-laki. Pada lagu ini Rossa juga seakan berpesan agar para perempuan bisa terus waspada akan tipu rayu laki-laki yang penuh dengan kebohongan. Semua ini tersampaikan lewat lirik lagu Hey Ladies:
"Hey ladies jangan mau di bilang lemah
Kita juga bisa menipu dan menduakan
Bila wanita sudah beraksi dunia hancur
Hey ladies sekarang cinta pakai otak
Jangan mau rugi hati dan juga rugi waktu
Bila dia merayumu ingat semuanya bohong."

2. Don't Touch Me oleh Danilla, Marion Jola, dan Ramengvrl


[Gambas:Youtube]

Lagu kolaborasi tiga penyanyi perempuan Indonesia ini mengangkat tema utama tentang pemberdayaan. Don't Touch Me sebenarnya juga terinspirasi dari kisah tak menyenangkan dari ketiga penyanyi tersebut yang kerap jadi korban objektivikasi dan dilecehkan sebagai perempuan. Akhirnya lagu ini dirilis untuk membagikan penegasan dan cerita kemarahan tentang ketidakadilan yang kerap dialami perempuan. Padahal sebenarnya perempuan juga mempunyai hak yang sama untuk bahagia dan mendapatkan lingkungan yang aman. Adapun lirik lagu tersebut berbunyi:
"Stop telling me I do things for myself
Here is a warning, get your dirty hands off me, yeah
(I don't think it's fair, man) I don't think it's fair, man
(For all of us woman) no no no no no."


3. Memang Kenapa Bila Aku Perempuan oleh Gita Gutawa


[Gambas:Youtube]

Lagu ini merupakan soundtrack film Kartini besutan Hanung Bramantyo. Film ini mengisahkan tentang sang pejuang kesetaraan gender. Lagu yang dinyanyikan oleh Gita Gutawa ini juga menceritakan tentang perjuangan dan angan-angan Kartini dalam mencapai masa depan yang lebih baik untuk perempuan Indonesia. Dengan rilisnya lagu Memang Kenapa Bila Aku Perempuan diharapkan dapat menjadi gerakan untuk membangkitkan semangat Kartini di dalam diri setiap wanita Indonesia. Bisa berjuang dengan cara kita sendiri untuk mewujudkan mimpi. Makna perjuangan dalam lagu tersebut pun tertuang dalam lirik:
"Semua berawal dari mimpi
Hanya kita yang bisa mewujudkan
Sampai dimana batasnya pengorbanan
Sedang pengabdian tak pernah terhenti."

4. Anganku Anganmu oleh Isyana Sarasvati dan Raisa


[Gambas:Youtube]

Isyana dan Raisa juga menyuarakan pemberdayaan dan kekuatan perempuan lewat lagu Anganku Anganmu. Lagu ini masuk ke dalam album studio kedua dari Isyana yang dirilis pada 1 September 2017. Dia memaknai album Paradox ini seperti kehidupan manusia yang terkesan rumit. Anganku Anganmu sebenarnya menceritakan tentang perjuangan mereka untuk berada di industri musik tanah air. Namun lagu ini juga bisa dimaknai sebagai sarana penyampaian pesan bagi para perempuan untuk terus semangat dan tidak menyerah dalam menggapai impiannya. Hal ini terlihat jelas dalam lirik:
"Semua asa yang kau punya
Tak kan membatasimu
Anganku anganmu
Pasti kita kan mampu
Kita mampu."

5. Tutur Batin oleh Yura Yunita


[Gambas:Youtube]

Yura Yunita merilis lagu Tutur Batin pada 22 Oktober 2021. Lagu ini juga bercerita tentang perempuan. Insiprasi lagu ini berasal dari proses Yunita dalam menjalani berbagai permasalahan hidup hingga bisa merayakan segala kekurangan. Lewat karyanya ini, dia ingin menyampaikan kepada para perempuan bahwa mereka juga memiliki keunikannya masing-masing. Lagu Tutur Batin memberikan pesan untuk selalu bersyukur, mencintai diri sendiri, menerima kelebihan dan kekurangan. Tak mengherankan apabila lagu ini menkadi lagu favorit banyak orang dan berhasil membawa pengaruh energi positif bagi pendengarnya. Terutama pada lirik tentang penerimaan diri:
"Aku tak sempurna
Tak perlu sempurna
Akan kurayakan apa adanya."
(aay/aay)
KOMENTAR