shadow
BACK TO TOP

Minggu, 17/10/2021 16:42 WIB

Ini Raisa Martika Tamara, Atlet Hockey Hijab Peraih Medali Emas PON Papua

Gresnia Arela Febriani - detikHot
Ini Raisa Martika Tamara, Atlet Hockey Hijab Peraih Medali Emas PON Papua Berkat kemampuan dan konsisten untuk mencapai hasil yang maksimal, Raisa Martika Tamara menyumbangkan medali emas di PON XX 2021 PAPUA untuk Kontingen Jawa Barat. Pencapaiannya itu sekaligus memantapkan Posisi #JABARJUARA di Peringkat 1.
Tim Hockey Indoor Provinsi Jawa Barat, Raisa Martika Tamara dan Siti Anisa berhasil meraih kemenangan ketika melawan Papua Barat dengan skor 6-0. Kemenangan kembali diraih saat melawan tim Hockey Indoor Jawa Tengah dengan skor 1-0. Raisa bersama timnya pun mendapatkan medali emas di PON XX 2021 PAPUA.
Seperti apa sosok Raisa Martika Tamara yang merupakan atlet hockey berhijab asal Jawa Barat? Wolipop berbincang dengan atlet peraih medali emas PON Papua 2021 ini.
Raisa sudah tertarik pada dunia olahraga sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Dia awalnya mengikuti ekstrakulikuler basket.
"Aku hanya ikut kurang lebih satu tahun karena basket banyak saingannya, susah untuk berkembang. Lalu aku 'dipaksa' oleh orangtua mengikuti olahraga hockey pada tahun 2005. Saya sampai nangis-nangis nggak mau dan diantar ke tempat latihan," ujarnya.

Atlet Hockey yaitu Raisa Martika yang meraih medali emas PONXX PAPUA 2021.Atlet Hockey, Raisa Martika yang meraih medali emas PONXX PAPUA 2021. Foto: Dok. Pribadi Raisa.
Raisa tidak mau latihan karena tempat latihannya sangat jauh dari kota Cianjur. "Apalagi latihannya sangat capek karena jogging sering ke gunung hampir tiap minggunya," tuturnya.
"Sampai akhirnya aku sendiri jatuh hati pada olahraga ini ketika melihat ada beberapa senior yang kepanggil untuk mengikuti PON pada waktu itu. Dari situ aku serius dan memakai hati dalam berlatih, sampai akhirnya aku masuk tim inti kabupaten Cianjur pertama kali ikut pertandingan besar waktu itu PORDA (pekan olahraga daerah) 2006 di Karawang," lanjut Raisa.
Dari sertifikat PORDA tersebut, ia bisa masuk jalur prestasi ke SMANSA 1 Cianjur. Dan pencapaiannya terus berlanjut hingga dia diterima di Universitas Pendidikan (UPI) Bandung, Jawa Barat melalui jalur PMDK.
Wanita 29 tahun itu menceritakan jika yang pertama kali memperkenalkan olahraga hoki adalah guru senamnya, ibu Yeni. Gurunya tersebut yang kemudian memperkenalkannya pada seorang pelatih hockey.
"Beliau yang memperkenalkan guru atau pelatih hoki di SMAN 1 Warungkondang yakni pak Yuyun Rahayu. Beliau lah yang mengajarkan saya dari 0 hingga saat ini," ucapnya.
Raisa juga menuturkan kedua orangtuanya mendukung pilihannya. Ayahnya wiraswasta menjual karpet. Sang ibu pensiun sejak Oktober 2021 sebagai Kepala SMAN 1 Sukaresmi, Kabupaten, Jawa Barat.
Raisa mengungkapkan suka dan duka menjalani olahraga hockey. Klik halaman selanjutnya....


Suka Duka Olahraga Hockey

Setelah awalnya merasa berat menjalani latihan hockey, Raisa perlahan menyukai olahraga tersebut. Apalagi dia mendapatkan banyak teman baru karena hockey merupakan olahraga tim.
"Jadi karena setiap hari bareng-bareng mereka sudah seperti keluarga kedua aja gitu rasanya " tuturnya.
Namun dibalik itu, ia harus mengorbankan waktunya dan hari libur besar lainnya. Hari-harinya harus dihabiskannya di lapangan hockey untuk berlatih.
"Kita jadi jarang kumpul bareng sama keluarga besar, kaya momen Idul Fitri, Idul Adha, tahun baru atau libur panjang lainnya kita menghabiskan waktu di lapangan seperti try out luar negeri atau luar kota," lanjutnya.
Dengan segala perjuangannya Raisa pun merasa mendapatkan medali emas merupakan pengalaman paling berkesan. Dia pun berterimakasih pada pelatihnya atas pencapaiannya tersebut.
"Aku mendapatkan medali emas karena kepercayaan terbesar ada di pelatih asing aku dia bernama Muhammad Dharma Raj. Karena beliau lah aku berada di titik sekarang. Pelatih yang bisa membuat atletnya berubah menjadi jauh lebih baik, pelatih yang menekankan atletnya percaya pada diri sendiri," ujar Raisa.

Atlet Hockey yaitu Raisa Martika yang meraih medali emas PONXX PAPUA 2021.Atlet Hockey Raisa Martika yang meraih medali emas PONXX PAPUA 2021. Foto: Dok. Pribadi Raisa.
Pengalaman berkesan lainnya selama menjadi atlet hockey adalah pada2014 ketika ia terpilih oleh pelatihnya di UPI yaitu Uwa Salmon Firarqie. Dia ikut menjadi bagian dari tim yang bermain ajang international di UPSI Malaysia.
"Beliau salah satu pelatih yang bisa mengajarkan saya dasar yang betul bermain hoki, bermain yang menggunakan otak bukan kekerasan, bermain yang menggunakan tehnik tinggi untuk menghindari lawan," lanjutnya.
Pada masa pandemi Corona ini pun Raisa mendapatkan pengalaman berkesan. Dia dan rekan-rekan timnya serta pelatih mereka terpapar virus Corona.
"Selama sebulan full kita tidak ke mana-mana dan tidak beraktivitas ke luar gedung. Mungkin itu yang membuat kita kuat sampai sekarang. Karena kebersamaan itu yang melekat pada diri kita," kenang Raisa.

Atlet Hockey yaitu Raisa Martika yang meraih medali emas PONXX PAPUA 2021.Atlet Hockey, Raisa Martika yang meraih medali emas PONXX PAPUA 2021. Foto: Dok. Pribadi Raisa.


Awal Mula Ikut PON XX PAPUA 2021

Raisa mengetahui akan mengikuti PON PAPUA pada 2018. Saat itu sebelum PON ada BK PON di Jatinangor, Jawa Barat dan PORDA.
"Ketika pertama kali menginjak tanah Papua pun hati saya bergetar, melihat keindahan alam dan seisinya. Saya Cinta Timur Indonesia. Kalau bukan karena PON PAPUA mungkin saya tidak bisa menginjakan kaki saya di tanah Papua," lanjutnya lagi.
Raisa menjelaskan detik-detik saat ia mendapatkan medali emas. "Setelah hone atau pluit wasit terakhir ditiup usai akhir pertandingan. Saya lemas sekujur tubuh dan langsung sujud bersyukur kepada Allah 'akhirnya yang saya nanti-nantikan dan impikan terwujud.' Lelah cape stres saya tergantikan oleh kemenangan pada final kemarin melawan DKI Jakarta," tuturnya.
Bagi kamu yang ingin menjadi atlet hockey, Raisa berbagi pesannya. Menurutnya kamu harus bisa memanfaatkan kesempatan.
"Kesempatan itu datang berkali-kali, tapi bagaimana kita menggunakan kesempatan itu sebaik mungkin. Maka dari itu jangan hilangkan kesempatan itu dengan mudah. Butuh kerja keras dan mental yang kuat untuk mendapatkan kesempatan itu," tutupnya.

Prestasi Raisa Martika Tamara Sebagai Atlet Hockey


1. Juara II Putri Hockey Indoor 2010 Kejuaraan Piala Menegpora, Jakarta
2. Juara I Putri Hockey Field 2010 Liga Hockey Jawa Barat, Bandung
3. Juara III Putri Hockey Field 2011 Liga Hockey Mahasiswa Nasional, Jakarta
4. Juara II Putri Hockey Field 2011 UNPAD, Bandung
5. Peserta Putri Hockey Indoor 2011 Indonesian Open, International Cibubur
6. Juara III Putri Hockey Indoor 2011 Kejurnas Piala Menegpora, Jakarta
7. Juara II Putri Hockey Indoor 2011 Kejurnas ITB, Bandung
8. Peserta Kejurbar Bola Tangan 2012 se-Kawa Barat, Bandung
9. Panitia Pelaksana Pertandingan Hockey Indoor Sukmalindo (Indonesia-Malaysia) 2013, Bandung
10. Juara II Putri Hockey Indoor 2013 UPSI Kejuaraan Internasional, Malaysia
11. Juara II Putri Hockey Indoor 2013 Kejuaraan ISTN, Jakarta
12. Juara III Putri Hockey Indoor 2013 Kejurnas ITB, Bandung
13. Juara I Putri Hockey Field 2014 Kejuaraan UNY, Yogyakarta
14. Juara II Putri Hockey Indoor 2014 Kejurnas Piala Menegpora, Jakarta
15. Juara II Putri Hockey Indoor 2014, Kejurnas, Jakarta
16. Juara I Putri Hockey Indoor 2015 IHRPT Nasional, Cimahi
17. Juara III Putri Hockey Indoor 2016, PON, Bandung
18. Juara III Putri Hockey Field 2017, Kejurnas, Jakarta
19. Juara I Putri Hockey Indoor 2018, Festival Cervo Hockey, se-Jawa Barat, Bandung
20. Juara I kategori Hockey Mix 2018, KHRPT Nasional, Bandung
21. Juara III Putri Hockey Indoor 2018 Kejurnas, Cimahi
22. Juara II Putri Hockey Indoor 2019 Kejurda Hockey Indoor Piala Gubernur, Bandung
23. Juara III Putri Hockey Indoor 2019 BK PON, Bamdung
24. Juara I Putri Hockey Indoor 2021 PON PAPUA, Papua
25. Juara III Putri Hockey Field 2018 Pekan Olahraga Daerah se-Jawa Barat, Bogor
26. Peserta PORDA 2014, Bekasi
27. Peserta PORDA 2010, Karawang
(gaf/eny)
KOMENTAR