Back to Top
Grand Indonesia

1

Grand Indonesia

Musala di mal Grand Indonesia ada di bagian East Mall dan West Mall. Di West Mall, musala ada di lantai LG‎ (lower ground). Jika masuk dari Amarta Lobby‎ lalu turun sekali kemudian belok kiri.

Musala ini amat besar dan muat ratusan jamah. Setiap sore selama Ramadan ada takjil kue basah di musala ini. Suasa nyaman dengan kebersihan yang terjaga. Kita pun bisa menitipkan barang bawaan di tempat penitipan

Sedangkan musala di East Mall, lokasinya ada di dalam Toko Central di lantai 3‎. Ruangan musala lebih privat dengan adanya pintu dan tombol pengecil suara pengumuman dari mal. Tentu untuk mengurangi keriuhan musik-musik yang biasa dibunyikan dalam mal.

Next
Plaza I‎ndonesia

2

Plaza I‎ndonesia

Tempat salat di Plaza Indonesia ada dua. Pertama terletak di lantai 3‎.‎ Musala di lantai ini hanya berkapasitas 30 orang. Musala ini pun nyaman dan bersih dan dilengkapi tempat penitipan barang.‎

Yang kedua ada di P2, yakni lantai bawah tanah dan di sekelilingnya adalah parkiran mobil. Kapasitasnya besar dan berupa masjid bernama Masjid Baiturrahman‎.

Jadi, terserah Anda akan salat ke mana jika berkunjung ke mal ini. Selama bulan ramadan, jamaah yang datang di waktu buka akan diberi kurma dan air putih.

Next
Blok A Tanah Abang

3

Blok A Tanah Abang

Terletak di pusat perbelanjaan, bukan berarti tempat salat jadi kumuh. Masjid Blok A Tanah Abang sangat luas, indah dan bersih.

Masjid yang terletak di atap pusat perbelanjaan Blok A Tanah Abang ini harus traveler singgahi bila berbelanja ke Blok A. Di dinding mesjid terdapat tulisan kaligrafi yang indah, berpadu dengan jendela kaca berwarna warni. Elok di pandang mata!

Masjid terdiri dari dua lantai. Lantai pertama untuk salat laki-laki, dan lantai ke dua untuk perempuan. Di sini ada mukena dan kain sarung, wangi dan bersih kok.

Suasana masjid sangat adem dan juga bersih. Langit-langit masjidnya lumayan tinggi, hingga kita tidak kepanasan walaupun tidak ada AC di dalam masjid. Di luar masjid terdapat ruangan PMI bagi traveler yang ingin donor darah.

Kamar mandi dan tempat berwudhu juga besar dan sangat bersih. Di lorong-lorong masjid traveler juga bisa istirahat sambil mengecas ponsel. Ada beberapa stop kontak yang bisa traveler gunakan di sana.

Next
Central Park

4

Central Park

Mal di Central Park letaknya ada di lantai LG (lower ground). Tepatnya ada di belakang restoran Hokben dan pas sebelum galeri ATM.

Bernama‎ Musala Executive, tempat ibadah ini memiliki jam operasional dari pukul 12.00 WIB siang sampai 20.00 WIB.

Musalanya cukup nyaman dengan adanya AC dan bagi pengunjung‎ yang datang pun bisa menitipkan barang bawaan.

Selama ramadan ini tidak ada kegiatan khusus di musala yang ruangan jamaah perempuan dan laki-lakinya terpisah ini. Lebih dari itu, musala ini hanya menampung sekitar 50 jamaah di ruangan laki-lakinya.

Next
Neo Soho

5

Neo Soho

Sama seperti di Central Park, musala di mal Neo Soho juga bernama Musala Executive.‎ Letaknya juga berada di LG‎ (lower ground).

Bedanya adalah, selama bulan Ramadan ini terdapat jadwal tausiyah setiap Selasa dan Kamis. Tausiyahnya dimulai dari pukul 12.00 WIB sampai 13.15 WIB.

Tempatnya pun nyaman dengan adanya tempat duduk untuk memakai sepatu di luar musala dan ada tempat penitipan barang.

Musala yang juga berpendingin udara ini mampu menampung sekitar 100 orang lebih.‎ Selebihnya, setiap sore selama Ramadan ada pembagian takjil gratis dan ada tarawih bersama tiap malamnya.

Next
Pasar Raya Manggarai

6

Pasar Raya Manggarai

Masjid Al Latief, menambah kenyamanan pusat belanja Pasar Raya Manggarai. Traveler mesti mampir ketika berbelanja di sana. Mesjid ini lantai 3 ini cukup luas ditambah karpet yang berwarna merah merona menambah keindahan mesjid.

Di dinding masjid terdapat kaligrafi-kaligrafi indah yang dibingkai dan di empel ke dinding. Di tempat imam terdapat dua kaligrafi bertulis lafadz Allah dan Muhammad. Serta di tengah-tengah masjid terdapat lampu besar yang menggantung dengan indah.

Suasana masjid sangat nyaman. Lampu yang bikin rileks dan suhu ruangan yang adem membuat kita ingin berlama-lama di masjid ini. Tempat berwudhunya juga bersih. Oh ya, bagi traveler yang ingin membayar zakat, di mesjid ini ada lembaga zakat kok. Bayar di sini saja.

Next
Lotte Shopping Avenue

7

Lotte Shopping Avenue

Musala di pusat perbelanjaan Lotte shoping Avenue bisa dikatakan kecil. Namun musala di sini sangat nyaman dan bersih.

Di pintu masuk kita akan melihat meja penitipan barang dan bangku-bangku tunggu. Jika traveler ingin berbelanja di Lotte, kalau jadwal salat sudah masuk, langsung saja ke musala.

Musalanya bersih, suhu ruangannya pun adem. Lampu musala yang tidak terlalu terang, membuat kita rileks dan khusuk dalam shalat. Traveler yang tidak bawa mukena jangan khawatir. Di sini tersedia mukena kok. Bersih dan wangi!

Tempat berwudhunya pun bersih. Traveler bisa langsung berwudhu sebelum ke ruangan salat. Soalnya tempat berwdhu sesudah pintu masuk. Tempat wudhu pria dan wanita dipisah.

Walau musalanya hanya bermuatan 40 jamaah, tetapi di tiap lantai Lotte bisa ditemukan musala. Jadi traveler tidak perlu susah-susah cari di lantai mana.

Next
Kota Kasablanka

8

Kota Kasablanka

Menunaikan salat di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan terasa begitu nyaman. Tak hanya tersedia musala di lantai 1, tapi ada pula Masjid Al Ikhlas di lantai LG Kota Kasablanka.

Masuk ke area masjid, ada tempat penitipan barang yang tertata rapi. Terus melangkah ke dalam, terdapat pintu masuk area wudhu yang bersih, tempat untuk bersolek dengan kaca yang lebar dan ruang salat dengan lantai berlapis karpet hijau yang terpisah untuk wanita dan pria. Ruang salat wanita misalnya, tampak begitu luas, sejuk, tersedia mukena dan Al Quran, TV yang menampilkan video Islami dan nyaman dengan lantai berlapis karpet hijau.

Selain tempat salat yang nyaman, di area masjid tersedia air minum gratis buat jamaah lho. Kemudian di dekat ruang salat juga ada ruangan yang menjadi tempat Sekretariat Masjid Al Ikhlas dan perpustakaan.

Next
Kuningan City

9

Kuningan City

Di Kuningan City, Jakarta Selatan, musala untuk pengunjung mal bisa ditemukan di lantai 3. Musala buka setiap hari pukul 12.00-20.00 WIB. Musala untuk pria dan wanita masing-masing cukup besar, terpisah dan letaknya berseberangan.

Sebelum mengambil wudhu, pengunjung dapat menitipkan sepatu, sandal dan barang bawaan lain ke petugas. Untuk tempat wudunya bersih dengan keran-keran air yang berjejer dan di atasnya terdapat rak untuk meletakkan barang seperti kacamata, tas kecil atau jam tangan.

Memasuki ruang salat, tampak lantai berlapis karpet merah dengan dinding dan interior bernuansa coklat. Tempatnya nyaman buat beribadah. Bagi yang tidak membawa mukena atau sarung tak perlu khawatir, karena tersedia peminjamannya di musala.

Next
Pacific Place

10

Pacific Place

Mal Pacific Place yang berlokasi di kawasan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan memiliki musala yang super nyaman. Namanya Pacific Place Executive Musholla.

Lokasinya berada di lantai 2, yang menyediakan alat salat lengkap untuk pria dan wanita. Suasananya pun sejuk, serta memiliki loker khusus bagi para pengunjung yang mau menaruh barang bawaan. Musalanya beroperasi dari pukul 10.00 WIB pagi sampai 22.00 WIB malam.

Next
One Bell Park

11

One Bell Park

Terletak di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan, Mal One Bell Park punya 2 musala yang nyaman bagi traveler. Musala ini terletak di lantai Basement 1 dan di lantai 2.

Untuk musala di lantai Basement 1, ukurannya lebih besar dan luas dibandingkan dengan musala yang berada di lantai 2. Kira-kira bisa manampung hingga 80 orang jamaah.

Sementara musala di lantai 2 bisa menampung jumlah jamaah setengah dari musala di Basement 1, atau sekitar 40-an orang. Meski berbeda ukuran, namun 2 musala ini sama nyamannya untuk beribadah.

Next
Gandaria City

12

Gandaria City

Musala di Gandaria City, Jakarta Selatan berada di Lantai UG Lokasinya tidak jauh dari beberapa tempat makan seperti Kafe Betawi dan Nany's Pavilion. Bersebelahan persis dengan Pepsodent Dental Expert Center.

Musala di mal ini sangat nyaman, sejuk, bersih dan cukup luas. Tempat wudhunya pun berada di dalam, alias tidak terpisah dari musala sehingga memudahkan para jamaah untuk salat. Saat bulan Ramadan, dari waktu salat Dzuhur hingga Isya, ramai oleh jamaah.

Next
Senayan City

13

Senayan City

Musala Senayan City berada di Lower Ground. Turun satu lantai dari lobi masuk dengan eskalator, berada di dekat area makanan. Para petugas musala akan membereskan sepatu atau alas kaki para jamaah.

Executive Musholla, begitu nama musala di mal yang berada di selatan Jakarta ini. Meski tidak besar-besar amat ukuran musalanya, namun tetap nyaman dan sejuk. Perlengkapan salat seperti sarung dan mukena pun tersedia lengkap.

Next
Summarecon Mal Bekasi

14

Summarecon Mal Bekasi

Di Bekasi, Summarecon Mal Bekasi menjadi salah satu pilihan asyik untuk nongkrong mau pun berbuka. Musala di mal ini cukup nyaman, karena berada di dalam mal.

Untuk wanita, musala ada di lantai satu. Sedangkan untuk kaum pria, musala ada di lantai dua. Di dalam musala juga dapat ditemui tempat penitipan barang berharga hingga booth badan wakaf Al Quran. Ruang salat juga cukup nyaman dan sudah dilengkapi sajadah.

Next
Grand Metropolitan Bekasi

15

Grand Metropolitan Bekasi

Grand Metropolitan Bekasi juga jadi tempat pilihan asyik untuk ngabuburit dan berbuka karena punya musala nyaman. Musalanya yang berada di lantai LG1 juga boleh dibilang sangat nyaman.

Berlokasi dekat pintu masuk mal dari area parkiran, musala Grand Metropolitan Bekasi sangat mudah untuk diketahui. Di area depannya, traveler dapat menemukan ruang tunggu luas dengan barisan kursi dan tempat penitipan sepatu hingga barang.

Dari ruang tunggu, musala pun sudah terbagi dua untuk kaum perempuan dan pria. Masuk sedikit, traveler bisa menemukan tempat wudhu. Di dalamnya, ruang musholla pun sudah dilapisi sajadah dan dilengkapi pendingin ruangan. Sudah sejuk, luas pula. Nyaman deh pokoknya.

Next
AEON Mall Tangerang

16

AEON Mall Tangerang

Terletak di Serpong, Tangerang, AEON Mall menjadi salah satu pusat perbelanjaan dengan fasilitas yang lengkap. Salah satunya adalah musala dengan interior minimalis yang cantik.

Musala AEON Mall terletak di lantai 3, sebelah kiri AEON Department Store. Masuk ke dalam area musala, traveler akan menemukan rak-rak sepatu yang rapi serta tempat duduk untuk menunggu. Area utama tempat salat juga didominasi oleh warna krem yang hangat dan papan kayu sebagai penunjuk kiblat. Tempat mengambil wudhu pun juga memadai dan tetap terjaga agar kering, ditambah kaca besar untuk merapihkan penampilan seusai salat.

Ruang tunggu pun juga bersebelahan dengan kamar mandi yang dilengkapi dengan sofa empuk. Saat ramaipun, musala tetap dapat menampung pengunjung karena areanya yang cukup luas.

Next
Mall @ Alam Sutera Tangerang

17

Mall @ Alam Sutera Tangerang

Mall @ Alam Sutera adalah pusat perbelanjaan yang cukup luas di Tangerang. Terletak persis di kawasan bisnis Alam Sutera, mal ini dilengkapi berbagai fasilitas pengunjung yang mumpuni.

Musala Mall @ Alam Sutera juga terbagi di berbagai sudut. Salah satu yang memiliki interior menarik adalah Executive Mushola di bagian timur lantai Lower Ground. Memasuki area depan, traveler sudah disambut dengan rak sepatu yang rapi dengan petugas penjaga yang siap membantu.

Memasuki area salat, terdapat sekat pembatas antara area perempuan dan laki-laki. Dinding penunjuk kiblat pun juga dihiasi kaligrafi yang moderen, dengan karpet merah sebagai alas sujud. Apabila ingin merapihkan penampilan seusai salat, terdapat area kaca rias dengan meja agar nyaman saat bersiap-siap kembali ke mal.

Next
Living World Alam Sutera

18

Living World Alam Sutera

Berada di Kawasan Alam Sutera, Tangerang, Mal Living World menyediakan fasilitas beribadah yang nyaman untuk traveler. Executive Musala mal ini terletak di Lantai 2 Mezzanine.

Ada 2 musala, bagian pria dan wanita terpisah. Satu musala pria bisa menampung kurang lebih 50 jamaah, sedangkan musala wanita sekitar 40 jamaah.

Musala sendiri dilengkapi karpet dan penyejuk ruangan, sehingga traveler bisa beribadah dengan nyaman. Tempat wudlu musala terpisah antara pria dan wanita, jadi tidak perlu rebutan.

Next
Bintaro Jaya Xchange

19

Bintaro Jaya Xchange

Terletak di Kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Mal Bintaro Jaya Xchange jadi tujuan banyak warga untuk berakhir pekan. Soal kenyamanan beribadah di bulan Ramadan, mal ini menyediakan sebuah musala yang berada di lantai Lower Ground.

Musala ini mudah untuk ditemukan. Lokasinya dekat dengan lift, traveler tinggal masuk saja ke lorong samping lift dan mengikuti petunjuk jalan. Musala Mal Bintaro Jaya XChange terhitung bersih dan rapi.

Ada loker sepatu dan bangku kayu panjang dimana traveler bisa mengganti sepatu. Musala pria dan wanita dipisahkan sekat, begitu pula dengan tempat wudlunya, sehingga traveler bisa beribadah dengan nyaman.

Next
Botani Square Bogor

20

Botani Square Bogor

Musala Botani Square Bogor nyaman digunakan untuk salat, untuk mereka yang mau ngabuburit di Bogor. Musala yang terletak di lantai 2 luasnya sekitar12x9 meter. Tempat salat laki-laki dan perempuan dipisah. Ada rak sandal dan sepatu di luar musala. Kaligrafi dan petunjuk waktu salat menjadi penghias di dalam musala. Tempat berwudhu juga lumayan luas dan bersih, terletak di sebelah pintu masuk ruangan musala.

Musalanya bersih dan nyaman, dapat menampung jamaah sekitar  50 orang.  Traveler perempuan yang tidak membawa mukena jangan khawatir, di dalam musala terdapat mukena kok. Siap pakai nanti gantung lagi ya.

Musalanya juga ber-AC, jadi suasananya tidak akan sumpek. Bagi traveler yang lelah dan ingin beristirahat menjelang waktu salat masuk, langsung saja ke musala. Ngabuburit di Botani Square Bogor pun jadi lebih nyaman kalau sudah menunaikan ibadah salat.